Rabu, 21 November 2012

Silabus Metode Cepat Baca Al Qur`an


SILABUS

Mata Kuliah
: Metode Cepat Baca Al Qur`an
Prodi / Unit
: Bahasa Inggris / A B C
Semester
: I (Satu)
Dosen Pengampu
CP
: Ramadana,M.Pd.I
: 085261748515
: dhana_gayo@yahoo.co.id
: http://ramadanapepalang.blogspot.com

I.          DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan dan wawasan tentang metodologi pembelajaran membaca al-Quran, sehingga para mahasiswa terampil dan mampu mengajarkan al-Quran dengan cepat dan tepat.

II.       TUJUAN MATA KULIAH
Tujuan mata kuliah ini adalah supaya mahasiswa menguasai teori dan praktek pengajaran membaca al-Quran, pelaksanaan program pintar membaca al-Quran, proses pembelajaran membaca al-Quran shautiyah (Iqra) dan proses pembelajaran dengan metode eklektik Shautiyah Bagdadiyah (Bilhikmah).
Baca Selengkapnya...

III.    POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan
Kopetensi Dasar
Topik dan Sub Topik
Pertemuan ke I
Mahasiswa memahami materi perkuliahan yang akan dipelajari selama satu semester
Pembahasan silabus
perkuliahan
Pertemuan ke II
Mahasiswa mampu memahami materi tentang pengantar pembelajaran al-Quran yang mencakup uraian tentang : al-Quran sebagai mujizat yang abadi, kemujizatan membaca al-Quran, keutamaan membaca al-Quran, perlunya bisa membaca al-Quran, dan bahaya tidak bisa membaca al-Quran.
Pengantar pembelajaran al-Quran yang mencakup uraian tentang : al-Quran sebagai mujizat yang abadi, kemujizatan membaca al-Quran, keutamaan membaca al-
Quran, perlunya bisa membaca al-Quran, dan bahaya tidak bisa
membaca al-Quran.
Pertemuan ke III
Mahasiswa mampu memahami materi tentang program pintar membaca al-Quran, yang
mencakup : mengenal PPBQ, urgensi pintar membaca al-
Quran, peta keterampilan anak
membaca al-Quran,
menyelenggarakan PPBQ di TK atau sejenisnya dan PPBQ Bilhikmah sebagai alternatif
Program pintar membaca al- Quran yang  mencakup : mengenal
PPBQ, urgensi pintar membaca al-Quran, peta
keterampilan anak membaca al-Quran, menyelenggarakan PPBQ di TK atau sejenisnya
dan PPBQ Bilhikmah sebagai alternatif
Pertemuan ke IV
Mahasiswa mampu memahami materi tentang teori pengajaran membaca al-Quran yang mencakup : Metode Bagdadiyah, Shautiyah, eklektik, dan jenis-jenis metode Shautiyah
Teori pengajaran membaca al-Quran yang mencakup : Metode Bagdadiyah, Shautiyah, eklektik, dan jenisjenis
metode Shautiyah
Pertemuan ke V
Mahasiswa mampu memahami materi tentang karakteristik huruf Arab yang mencakup pembahasan tentang : Huruf Hijaiyah, berdiri sendiri, di
awal, di tengah, dan huruf di akhir
Karakteristik huruf Arab yang mencakup pembahasan tentang
: Huruf Hijaiyah, berdiri
sendiri, di awal, di tengah, dan huruf di akhir
Pertemuan ke VI
Mahasiswa mampu memahami materi tentang Bil Hikmah sebagai alternative metode cepat membaca al-Quran yang
mencakup : sekilas tentang penulisan Bil-Hikmah, Landasan dan prinsip metode Bil-Hikmah dan profil metode Bil-Hikmah.
Bil Hikmah sebagai alternative metode cepat membaca al-Quran yang mencakup : sekilas tentang penulisan Bil-Hikmah,
Landasan dan prinsip metode Bil-Hikmah dan profil metode Bil-Hikmah.
Pertemuan ke VII
Mahasiswa mampu memahami materi tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian I yang mencakup : petunjuk praktis jilid I, huruf
hijaiyah berbaris fathah, pemantapan huruf hijaiyah, aplikasi bacaan fatah bervariasi, dan evaluasi bacaan huruf hijaiyah berharakat fatah
Proses pembelajaran cepat Bil-Hikmah Bagian I yang
mencakup : petunjuk praktis jilid I, huruf hijaiyah berbaris fathah, pemantapan huruf hijaiyah, aplikasi bacaan fatah bervariasi, dan evaluasi bacaan huruf hijaiyah berharakat fatah.
Pertemuan ke VIII

Ujian Tengah Semester
Pertemuan ke IX
Mahasiswa mampu memahami materi tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian II yang mencakup : bacaan huruf hijaiyah berharokah kasrah, pemantapan bacaan huruf hijaiyah berharakat kasrah, bacaan huruf hijaiyah berharokat domah dan pemantapan bacaan huruf hijaiyah berharaokah domah.
Proses pembelajaran cepat Bil-Hikmah Bagian II yang mencakup : bacaan huruf hijaiyah berharokah kasrah, pemantapan bacaan huruf hijaiyah berharakat kasrah,
bacaan huruf hijaiyah
berharokat domah dan
pemantapan bacaan huruf
hijaiyah berharaokah domah.
Pertemuan ke X
Mahasiswa mampu memahami materi tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian III yang mencakup : bacaan huruf hijaiyah variasi (fatah, kasrah dan domah),
bacaan huruf hijaiyah berharokat tanwin fatah, tanwin kasrah, dan domah serta evaluasi akhir jilid I.
Proses pembelajaran cepat Bil- Hikmah Bagian III yang mencakup : bacaan huruf hijaiyah variasi (fatah, kasrah dan domah), bacaan huruf hijaiyah berharokat tanwin fatah, tanwin kasrah, dan domah serta evaluasi akhir jilid I.
Pertemuan ke XI
Mahasiswa mampu memahami materi tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian IV yang mencakup : petunjuk praktis jilid II, memperkenalkan dan mengidentifikasi huruf hijaiyah
sambung, cara membaca bacaan sukun, cara membaca alif lam komariah, cara membaca tasydid, cara membaca alif lam syamsiyah, dan evaluasi
Proses pembelajaran cepat Bil-Hikmah Bagian IV yang mencakup : petunjuk praktis jilid II, memperkenalkan dan mengidentifikasi huruf hijaiyah sambung, cara membaca bacaan sukun, cara membaca alif lam komariah, cara membaca tasydid, cara membaca alif lam syamsiyah, dan evaluasi
Pertemuan ke XII
Mahasiswa mampu memahami materi tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian V yang mencakup : petunjuk praktis jilid III, bacaan panjang berharokat fatah, domah, kasrah, fatah, domah, dan kasrah, alif maksurah, bacaan layin dan bacaan huruf-huruf kritis yang berdekatan makhrajul hurufnya.
Proses pembelajaran cepat Bil-Hikmah Bagian V yang mencakup : petunjuk praktis jilid III, bacaan panjang berharokat fatah, domah, kasrah, fatah, domah, dan kasrah, alif maksurah, bacaan layin dan bacaan huruf-huruf
kritis yang berdekatan
makhrajul hurufnya.
Pertemuan ke XIII
Mahasiswa mampu memahami materi tentang proses pembelajaran cepat Bil-Hikmah Bagian VI yang mencakup : bacaan idgham, memendekan bacaan panjang, bacaan wakaf, mad iwad, iqlab, ikhfa, mad
jaiz munfasil dan wajib mutasil,
membaca huruf hijaiyah di awal surat, evaluasi, dan strategi penghalusan makhrajul huruf.
Proses pembelajaran cepat Bil-Hikmah Bagian VI yang mencakup : bacaan idgham, memendekan bacaan panjang, bacaan wakaf, mad iwad, iqlab,
ikhfa, mad jaiz munfasil dan wajib mutasil, membaca huruf hijaiyah di awal surat, evaluasi, dan strategi penghalusan makhrajul huruf.
Pertemuan ke XIV
Mahasiswa mampu memahami materi tentang proses pembelajaran metode Iqra yang mencakup : metode Iqra jilid I dan II
Proses pembelajaran metode
Iqra yang mencakup : metode
Iqra jilid I dan II
Pertemuan ke XV
Mahasiswa mampu memahami materi tentang proses pembelajaran metode Iqra yang mencakup : metode Iqra jilid III dan IV.
Proses pembelajaran metode Iqra yang mencakup : metode
Iqra jilid III dan IV.
Pertemuan ke XVI
Mahasiswa mampu memahami materi tentang proses pembelajaran metode Iqra dan placement test membaca al-Quran : yang mencakup : metode Iqra jilid V dan VI serta placement test membaca al-Quran
Proses pembelajaran metode Iqra dan placement test membaca al-Quran : yang mencakup : metode Iqra jilid V dan VI serta placement test membaca al-Quran
Pertemuan ke XVII

Ujian Final

IV.    STRATEGI PERKULIAHAN
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan sebagai berikut ini :
a.       Ceramah/presentasi, tanya jawab dan diskusi kelas.
b.      Simulasi metode shautiyah dan metode eklektik bagdadiyah shautiyah

V.       EVALUASI PERKULIAHAN
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
a.       Partisipasi kegiatan kelas
b.      Simulasi metode shautiyah dan metode eklektik bagdadiyah shautiyah
c.       Ujian Mitem dan Ujian Final





VI.        DAFTAR BACAAN
Abdul Fatah Jalal, (1988). Azas-azas Pendidikan Islam, Bandung : CV Diponegoro.
Abdurrahman Annahlawi, (1989). Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung : CV Diponegoro.
Abdur Rahman SA, (1996). Landasan dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut al-Quran serta Implementasinya. Bandung : CV Diponegoro.
Allamah MH Thabathama,i (1989). Mengungkap Rahasia Al-Quran. (terjemahan). Bandung : Mizan.
Anharuddin, dkk. (1997). Fenomenologi al-Quran. Bandung : Al-Maarif.
H.M Budiyanto. (1995). Prinsip-prinsip Metodologi Buku Iqra. Litbang LPTQ Nasional.
Imam Asy-Suyuti. (1989). Apa itu Al-Quran?. Jakarta : Penerbit Buku Andalan.
Imam Nawawi, (1997). Etika Ahlul Quran. (Terjemahan) Solo : Putaka Mantiq.
M. Quraish Shihab. (1992). Membumikan Al-Quran. Bandung : Mizan.
----------------------- (1996). Wawasan Al-Quran. Bandung : Mizan
----------------------- (1997). Mukjizat Al-Quran. Bandung : Mizan
Manna Khalil Al-Qattan.(1992). Studi Ilmu-ilmu Al-Quran. (terjemahan). Jakarta : Pustaka Litera Antar Nusa.
Udin Supriadi, (1992). Tingkat Kemampuan Membaca Al-Quran Mahasiswa IKIP
Wildan Yahya, (2001). Cepat Membaca dan Menulis Al-Quran Jilid 1-4. Bandung : Yayasan Baitul Hikmah.
Yahya Rais. (1998). Belajar Membaca Al-Quran. Surabaya : PT Bina Ilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar