SILABUS
Mata
Kuliah
|
:
Metode Cepat Baca Al Qur`an
|
Prodi
/ Unit
|
:
Bahasa Inggris / A B C
|
Semester
|
:
I (Satu)
|
Dosen
Pengampu
CP |
:
Ramadana,M.Pd.I
: 085261748515 : dhana_gayo@yahoo.co.id : http://ramadanapepalang.blogspot.com |
I.
DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata
kuliah ini memberikan landasan pengetahuan dan wawasan tentang metodologi pembelajaran
membaca al-Quran, sehingga para mahasiswa terampil dan mampu mengajarkan
al-Quran dengan cepat dan tepat.
II.
TUJUAN
MATA KULIAH
Tujuan mata kuliah ini adalah supaya mahasiswa menguasai teori dan praktek pengajaran membaca al-Quran, pelaksanaan program pintar membaca al-Quran, proses pembelajaran membaca al-Quran shautiyah (Iqra) dan proses pembelajaran dengan metode eklektik Shautiyah Bagdadiyah (Bilhikmah).
Baca Selengkapnya...
III.
POKOK
BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan
|
Kopetensi
Dasar
|
Topik dan Sub Topik
|
Pertemuan
ke I
|
Mahasiswa memahami materi perkuliahan
yang akan dipelajari selama satu semester
|
Pembahasan silabus
perkuliahan
|
Pertemuan
ke II
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang pengantar pembelajaran al-Quran yang mencakup uraian tentang :
al-Quran sebagai mujizat yang abadi, kemujizatan membaca al-Quran, keutamaan
membaca al-Quran, perlunya bisa membaca al-Quran, dan bahaya tidak bisa
membaca al-Quran.
|
Pengantar pembelajaran al-Quran
yang mencakup uraian tentang : al-Quran sebagai mujizat yang abadi, kemujizatan
membaca al-Quran, keutamaan membaca al-
Quran, perlunya bisa membaca
al-Quran, dan bahaya tidak bisa
membaca
al-Quran.
|
Pertemuan
ke III
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang program pintar membaca al-Quran, yang
mencakup : mengenal PPBQ,
urgensi pintar membaca al-
Quran, peta keterampilan anak
membaca al-Quran,
menyelenggarakan PPBQ di TK
atau sejenisnya dan PPBQ Bilhikmah sebagai alternatif
|
Program pintar membaca al-
Quran yang mencakup : mengenal
PPBQ, urgensi pintar membaca
al-Quran, peta
keterampilan anak membaca
al-Quran, menyelenggarakan PPBQ di TK atau sejenisnya
dan PPBQ Bilhikmah sebagai
alternatif
|
Pertemuan
ke IV
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang teori pengajaran membaca al-Quran yang mencakup : Metode Bagdadiyah,
Shautiyah, eklektik, dan jenis-jenis metode Shautiyah
|
Teori pengajaran membaca
al-Quran yang mencakup : Metode Bagdadiyah, Shautiyah, eklektik, dan
jenisjenis
metode
Shautiyah
|
Pertemuan
ke V
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang karakteristik huruf Arab yang mencakup pembahasan tentang : Huruf
Hijaiyah, berdiri sendiri, di
awal,
di tengah, dan huruf di akhir
|
Karakteristik huruf Arab yang
mencakup pembahasan tentang
: Huruf Hijaiyah, berdiri
sendiri, di awal, di tengah,
dan huruf di akhir
|
Pertemuan
ke VI
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang Bil Hikmah sebagai alternative metode cepat membaca al-Quran yang
mencakup : sekilas tentang
penulisan Bil-Hikmah, Landasan dan prinsip metode Bil-Hikmah dan profil
metode Bil-Hikmah.
|
Bil Hikmah sebagai alternative
metode cepat membaca al-Quran yang mencakup : sekilas tentang penulisan
Bil-Hikmah,
Landasan dan prinsip metode
Bil-Hikmah dan profil metode Bil-Hikmah.
|
Pertemuan
ke VII
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian I yang mencakup : petunjuk
praktis jilid I, huruf
hijaiyah berbaris fathah,
pemantapan huruf hijaiyah, aplikasi bacaan fatah bervariasi, dan evaluasi
bacaan huruf hijaiyah berharakat fatah
|
Proses pembelajaran cepat
Bil-Hikmah Bagian I yang
mencakup : petunjuk praktis
jilid I, huruf hijaiyah berbaris fathah, pemantapan huruf hijaiyah, aplikasi
bacaan fatah bervariasi, dan evaluasi bacaan huruf hijaiyah berharakat fatah.
|
Pertemuan
ke VIII
|
Ujian
Tengah Semester
|
|
Pertemuan
ke IX
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian II yang mencakup : bacaan
huruf hijaiyah berharokah kasrah, pemantapan bacaan huruf hijaiyah berharakat
kasrah, bacaan huruf hijaiyah berharokat domah dan pemantapan bacaan huruf
hijaiyah berharaokah domah.
|
Proses pembelajaran cepat
Bil-Hikmah Bagian II yang mencakup : bacaan huruf hijaiyah berharokah kasrah,
pemantapan bacaan huruf hijaiyah berharakat kasrah,
bacaan huruf hijaiyah
berharokat domah dan
pemantapan bacaan huruf
hijaiyah
berharaokah domah.
|
Pertemuan
ke X
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian III yang mencakup : bacaan
huruf hijaiyah variasi (fatah, kasrah dan domah),
bacaan huruf hijaiyah
berharokat tanwin fatah, tanwin kasrah, dan domah serta evaluasi akhir jilid
I.
|
Proses pembelajaran cepat Bil-
Hikmah Bagian III yang mencakup : bacaan huruf hijaiyah variasi (fatah,
kasrah dan domah), bacaan huruf hijaiyah berharokat tanwin fatah, tanwin
kasrah, dan domah serta evaluasi akhir jilid I.
|
Pertemuan
ke XI
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian IV yang mencakup :
petunjuk praktis jilid II, memperkenalkan dan mengidentifikasi huruf hijaiyah
sambung, cara membaca bacaan
sukun, cara membaca alif lam komariah, cara membaca tasydid, cara membaca
alif lam syamsiyah, dan evaluasi
|
Proses pembelajaran cepat
Bil-Hikmah Bagian IV yang mencakup : petunjuk praktis jilid II,
memperkenalkan dan mengidentifikasi huruf hijaiyah sambung, cara membaca
bacaan sukun, cara membaca alif lam komariah, cara membaca tasydid, cara
membaca alif lam syamsiyah, dan evaluasi
|
Pertemuan
ke XII
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang proses pembelajaran cepat Bil-ikmah Bagian V yang mencakup : petunjuk
praktis jilid III, bacaan panjang berharokat fatah, domah, kasrah, fatah,
domah, dan kasrah, alif maksurah, bacaan layin dan bacaan huruf-huruf kritis
yang berdekatan makhrajul hurufnya.
|
Proses pembelajaran cepat
Bil-Hikmah Bagian V yang mencakup : petunjuk praktis jilid III, bacaan
panjang berharokat fatah, domah, kasrah, fatah, domah, dan kasrah, alif
maksurah, bacaan layin dan bacaan huruf-huruf
kritis yang berdekatan
makhrajul
hurufnya.
|
Pertemuan
ke XIII
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang proses pembelajaran cepat Bil-Hikmah Bagian VI yang mencakup : bacaan
idgham, memendekan bacaan panjang, bacaan wakaf, mad iwad, iqlab, ikhfa, mad
jaiz munfasil dan wajib
mutasil,
membaca huruf hijaiyah di awal
surat, evaluasi, dan strategi penghalusan makhrajul huruf.
|
Proses pembelajaran cepat Bil-Hikmah
Bagian VI yang mencakup : bacaan idgham, memendekan bacaan panjang, bacaan
wakaf, mad iwad, iqlab,
ikhfa, mad jaiz munfasil dan
wajib mutasil, membaca huruf hijaiyah di awal surat, evaluasi, dan strategi
penghalusan makhrajul huruf.
|
Pertemuan
ke XIV
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang proses pembelajaran metode Iqra yang mencakup : metode Iqra jilid I
dan II
|
Proses pembelajaran metode
Iqra yang mencakup : metode
Iqra
jilid I dan II
|
Pertemuan
ke XV
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang proses pembelajaran metode Iqra yang mencakup : metode Iqra jilid III
dan IV.
|
Proses pembelajaran metode Iqra
yang mencakup : metode
Iqra
jilid III dan IV.
|
Pertemuan
ke XVI
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang proses pembelajaran metode Iqra dan placement test membaca
al-Quran : yang mencakup : metode Iqra jilid V dan VI serta placement test
membaca al-Quran
|
Proses pembelajaran metode Iqra
dan placement test membaca al-Quran : yang mencakup : metode Iqra
jilid V dan VI serta placement test membaca al-Quran
|
Pertemuan
ke XVII
|
Ujian Final
|
IV.
STRATEGI
PERKULIAHAN
Selama
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan sebagai
berikut ini :
a.
Ceramah/presentasi,
tanya jawab dan diskusi kelas.
b.
Simulasi metode
shautiyah dan metode eklektik bagdadiyah shautiyah
V.
EVALUASI
PERKULIAHAN
Keberhasilan
mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam
:
a.
Partisipasi
kegiatan kelas
b.
Simulasi metode
shautiyah dan metode eklektik bagdadiyah shautiyah
c.
Ujian Mitem dan
Ujian Final
VI.
DAFTAR
BACAAN
Abdul
Fatah Jalal, (1988). Azas-azas Pendidikan Islam, Bandung : CV
Diponegoro.
Abdurrahman
Annahlawi, (1989). Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung
: CV Diponegoro.
Abdur Rahman SA, (1996). Landasan dan
Tujuan Pendidikan Islam Menurut al-Quran serta Implementasinya. Bandung :
CV Diponegoro.
Allamah MH Thabathama,i (1989). Mengungkap
Rahasia Al-Quran. (terjemahan). Bandung : Mizan.
Anharuddin,
dkk. (1997). Fenomenologi al-Quran. Bandung : Al-Maarif.
H.M Budiyanto. (1995). Prinsip-prinsip
Metodologi Buku Iqra. Litbang LPTQ Nasional.
Imam
Asy-Suyuti. (1989). Apa itu Al-Quran?. Jakarta : Penerbit Buku Andalan.
Imam
Nawawi, (1997). Etika Ahlul Quran. (Terjemahan) Solo : Putaka Mantiq.
M.
Quraish Shihab. (1992). Membumikan Al-Quran. Bandung : Mizan.
-----------------------
(1996). Wawasan Al-Quran. Bandung : Mizan
-----------------------
(1997). Mukjizat Al-Quran. Bandung : Mizan
Manna Khalil Al-Qattan.(1992). Studi
Ilmu-ilmu Al-Quran. (terjemahan). Jakarta : Pustaka Litera Antar Nusa.
Udin
Supriadi, (1992). Tingkat Kemampuan Membaca Al-Quran Mahasiswa IKIP
Wildan Yahya, (2001). Cepat Membaca
dan Menulis Al-Quran Jilid 1-4. Bandung : Yayasan Baitul Hikmah.
Yahya Rais. (1998). Belajar Membaca Al-Quran.
Surabaya : PT Bina Ilmu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar