SILABUS
Mata
Kuliah
|
:
Strategi Belajar Mengajar Bahasa Arab
|
Prodi
/ Unit
|
:
Pendidikan Bahasa Arab
|
Semester
|
:
V (Lima)
|
Dosen
Pengampu
CP |
:
Ramadana,M.Pd.I
: 085261748515 : dhana_gayo@yahoo.co.id : http://ramadanapepalang.blogspot.com |
I.
DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata
Kuliah ini disajikan
untuk memberikan sejumlah wawasankeilmuan dan pemahaman tentang proses
pembelajaran bahasa Arab, serta mampu
mempraktekkannya dalam PBM dengan mempergunakan kaidah-kaidah teknik
ketrampilan pembelajaran (teaching skills), mulai dari tahapan
prainstruksional, instruksional sampai kepada tahap tindak lanjut.
II.
TUJUAN
MATA KULIAH
Setelah selesai dari perkuliahan ini, diharapkan para
mahasiswa program pendidikan bahasa Arab memiliki seperangkat pemahaman dan
kemampuan mempraktikkan mengajar tentang suatu kegiatan/aktivitas yang
memungkinkan terjadinya kegiatan belajar mengajar dalam suatu situasi dan
kondisi, di mana siswa dapat berinteraksi dengan guru dan/atau bahan
pembelajaran di tempat tertentu yang telah diatur dalam rangka mencapai tujuan
dengan melibatkan beberapa komponen instruksional.
Baca Selengkapnya .....
Baca Selengkapnya .....
III.
POKOK
BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan
|
Kopetensi
Dasar
|
Topik dan Sub Topik
|
Pertemuan
ke I
|
Mahasiswa memahami materi
perkuliahan yang akan dipelajari selama satu semester
|
Pembahasan silabus
perkuliahan
|
Pertemuan
ke II
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang sterategi belajar mengajar bahasa Arab yang mencakup uraian tentang :
pengertian Sterategi belajar mengajar Bahasa Arab, Hakikat sterategi belajar
mengajar dan, komponen sterategi belajar mengajar
|
-
Pengertian Sterategi belajar
mengajar Bahasa Arab,
-
Hakikat sterategi belajar
mengajar bahasa arab
-
Komponen sterategi belajar
mengajar Bahasa Arab.
|
Pertemuan
ke III
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup : sterategi belajar
mengajar Kawa`id
|
Sterategi belajar mengajar ta`lim Kawa`id, dengan
menentukan:
-
Metode
-
Media
-
Permainan
|
Pertemuan
ke IV
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup : sterategi belajar
mengajar kira`ah
|
Sterategi belajar mengajar ta`lim Kira`ah, dengan
menentukan:
-
Metode
-
Media
-
Permainan
|
Pertemuan
ke V
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup
: sterategi belajar mengajar kitabah
|
Sterategi belajar mengajar ta`lim kitabah, dengan
menentukan:
-
Metode
-
Media
-
Permainan
|
Pertemuan
ke VI
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup : sterategi belajar
mengajar Istima`
|
Sterategi belajar mengajar ta`lim istima` dengan
menentukan:
-
Metode
-
Media
-
Permainan
|
Pertemuan
ke VII
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup : sterategi belajar
mengajar Kalam
|
Sterategi belajar mengajar ta`lim kalam, dengan
menentukan:
-
Metode
-
Media
-
Permainan.
|
Pertemuan
ke VIII
|
Ujian
Tengah Semester
|
|
Pertemuan
ke IX
|
Mahasiswa mampu memahami materi
tentang Tugas dan Tanggung Jawab Serta Kompetensi
Guru
|
-
Peranan Guru
-
Guru sebagai Profesional
-
Guru sebagai Administrator dan Pembimbing
-
Kompetensi Guru
|
Pertemuan
ke X
|
Mahasiswa mampu memahami Langkah-Langkah belajar Mengajar
|
-
Tahapan Pra Instruksional
-
Tahapan Intruksional
-
Tahapan Tindak Lanjut
-
Latihan Membuat RPP
|
Pertemuan
ke XI
|
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar
mengajar yang baik
|
Latihan mengajar ta`limul
Kawa`id
|
Pertemuan
ke XII
|
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar
mengajar yang baik
|
Latihan
mengajar ta`limul kiro`ah
|
Pertemuan
ke XIII
|
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar
mengajar yang baik
|
Latihan mengajar ta`limul
kitabah
|
Pertemuan
ke XIV
|
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar
mengajar yang baik
|
Latihan
mengajar ta`limul istima`
|
Pertemuan
ke XV
|
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar
mengajar yang baik
|
Latihan
mengajar ta`limul kalam
|
Pertemuan
ke XVI
|
Ujian Final
|
IV.
STRATEGI
PERKULIAHAN
Selama
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan sebagai
berikut ini :
a.
Ceramah/presentasi, tanya jawab
dan diskusi kelas. (20%)
b.
Tugas Individu Menyusun RPP (20%)
c.
Tugas Kelompok menyusun Makalah (20%)
d.
Latihan Mengajar (20%)
e.
Ujian tengah Semester (20%)
f. Ujian akhir Semester (20%)
V.
EVALUASI
PERKULIAHAN
Keberhasilan
mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan
dalam :
a.
Partisipasi
kegiatan kelas
b.
Tugas Individu
dan kelompok
c.
Menyususn RPP
dan Praktek mengajar di kelas
d.
Ujian Mitem dan
Ujian Final
VI.
DAFTAR
BACAAN
أحمد إبراهيم قنديل، أساس طرق التدريس، (قاهرة: دار الكتب، 1995م)
أحمد خيري كاظم
وجابر عبد الحميد جابر، الوسيلة
التعليمية والمنهج، (المملكة السعودية: دار النهضة العربية، 1997م)
أحمد
فؤاد، حمود عليان، المهارات
اللغوية ماهيتها
وطرائق تدريسها (الرياض: دار المسلم،
1992م)
حسين
حمدي الطوجى، وسائل الاتصال والتكنولوجيا في التعليم (الكويت: دار القلم،
1987م)
رشدي أحمد طعيمة، تعليم
العربية لغير الناطقين بها، (الرياط: مطبعة المعارف، 1989م)
صلاح عبد المجيد العربي. تعلم اللغات الحية وتعليمها، (ابنان:
مكتبة لبنان، 1981م)
Dirjen Dikdasmen. 2007. “Pedoman Program Pengalaman Lapangan
(PPL): Kurikulum Dikdasmen 2006.” Inderalaya: UPPSB.
Moedjion, Moh. Dimyati. (1991/1992). Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan; Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi; Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Raka Joni, T. (1984). Strategi Belajar-Mengajar. Suatu Tinjauan
Pengantar. Jakarta: Depdikbud.
Roestiyah, N.K.
(1985). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sudjana, N. (1982). Dasar-dasar
Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar