Rabu, 21 November 2012

Silabus Sterategi Belajar Mengajar Bahasa Arab


SILABUS
Mata Kuliah
: Strategi Belajar Mengajar Bahasa Arab
Prodi / Unit
: Pendidikan Bahasa Arab
Semester
: V (Lima)
Dosen Pengampu
CP
: Ramadana,M.Pd.I
: 085261748515
: dhana_gayo@yahoo.co.id
: http://ramadanapepalang.blogspot.com

I.          DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah ini disajikan untuk memberikan sejumlah wawasankeilmuan dan pemahaman tentang proses pembelajaran bahasa    Arab, serta mampu mempraktekkannya dalam PBM dengan mempergunakan kaidah-kaidah teknik ketrampilan pembelajaran (teaching skills), mulai dari tahapan prainstruksional, instruksional sampai kepada tahap tindak lanjut.

II.       TUJUAN MATA KULIAH
Setelah selesai dari perkuliahan ini, diharapkan para mahasiswa program pendidikan bahasa Arab memiliki seperangkat pemahaman dan kemampuan mempraktikkan mengajar tentang suatu kegiatan/aktivitas yang memungkinkan terjadinya kegiatan belajar mengajar dalam suatu situasi dan kondisi, di mana siswa dapat berinteraksi dengan guru dan/atau bahan pembelajaran di tempat tertentu yang telah diatur dalam rangka mencapai tujuan dengan melibatkan beberapa komponen instruksional.
Baca Selengkapnya .....

III.    POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan
Kopetensi Dasar
Topik dan Sub Topik
Pertemuan ke I
Mahasiswa memahami materi perkuliahan yang akan dipelajari selama satu semester
Pembahasan silabus
perkuliahan
Pertemuan ke II
Mahasiswa mampu memahami materi tentang sterategi belajar mengajar bahasa Arab yang mencakup uraian tentang : pengertian Sterategi belajar mengajar Bahasa Arab, Hakikat sterategi belajar mengajar dan, komponen sterategi belajar mengajar
-     Pengertian Sterategi belajar mengajar Bahasa Arab,
-     Hakikat sterategi belajar mengajar bahasa arab
-     Komponen sterategi belajar mengajar Bahasa Arab.
Pertemuan ke III
Mahasiswa mampu memahami materi tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup : sterategi belajar mengajar Kawa`id
Sterategi  belajar mengajar ta`lim Kawa`id, dengan menentukan:
-          Metode
-          Media
-          Permainan
Pertemuan ke IV
Mahasiswa mampu memahami materi tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup : sterategi belajar mengajar kira`ah
Sterategi  belajar mengajar ta`lim Kira`ah, dengan menentukan:
-          Metode
-          Media
-          Permainan
Pertemuan ke V
Mahasiswa mampu memahami materi tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup : sterategi belajar mengajar kitabah
Sterategi  belajar mengajar ta`lim kitabah, dengan menentukan:
-          Metode
-          Media
-          Permainan
Pertemuan ke VI
Mahasiswa mampu memahami materi tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup : sterategi belajar mengajar Istima`
Sterategi  belajar mengajar ta`lim istima` dengan menentukan:
-          Metode
-          Media
-          Permainan
Pertemuan ke VII
Mahasiswa mampu memahami materi tentang Sterategi belajar mengajar bahasa arab, yang
mencakup : sterategi belajar mengajar Kalam
Sterategi  belajar mengajar ta`lim kalam, dengan menentukan:
-          Metode
-          Media
-          Permainan.
Pertemuan ke VIII

Ujian Tengah Semester
Pertemuan ke IX
Mahasiswa mampu memahami materi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Serta Kompetensi Guru
-          Peranan Guru
-          Guru sebagai Profesional
-          Guru sebagai Administrator dan Pembimbing
-          Kompetensi Guru
Pertemuan ke X
Mahasiswa mampu memahami Langkah-Langkah belajar Mengajar
-          Tahapan Pra Instruksional
-          Tahapan Intruksional
-          Tahapan Tindak Lanjut
-          Latihan Membuat RPP
Pertemuan ke XI
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar mengajar  yang baik

Latihan mengajar ta`limul Kawa`id
Pertemuan ke XII
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar mengajar  yang baik

Latihan mengajar ta`limul kiro`ah
Pertemuan ke XIII
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar mengajar  yang baik

Latihan mengajar ta`limul kitabah
Pertemuan ke XIV
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar mengajar  yang baik

Latihan mengajar ta`limul istima`
Pertemuan ke XV
Mahasiswa mampu mempraktekkan mengajar sesuai dengan sterategi belajar mengajar  yang baik

Latihan mengajar ta`limul kalam
Pertemuan ke XVI

Ujian Final

IV.    STRATEGI PERKULIAHAN
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan sebagai berikut ini :
a.       Ceramah/presentasi, tanya jawab dan diskusi kelas.   (20%)
b.      Tugas Individu Menyusun RPP                                  (20%)
c.       Tugas Kelompok menyusun Makalah             (20%)
d.      Latihan Mengajar                                                        (20%)           
e.       Ujian tengah Semester                                                (20%)
f.       Ujian akhir Semester                                                   (20%)

V.       EVALUASI PERKULIAHAN
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
a.       Partisipasi kegiatan kelas
b.      Tugas Individu dan kelompok
c.       Menyususn RPP dan Praktek mengajar di kelas
d.      Ujian Mitem dan Ujian Final

VI.        DAFTAR BACAAN
أحمد إبراهيم قنديل، أساس طرق التدريس، (قاهرة: دار الكتب، 1995م)
أحمد خيري كاظم وجابر عبد الحميد جابر، الوسيلة التعليمية والمنهج، (المملكة السعودية: دار النهضة العربية، 1997م)
أحمد فؤاد، حمود عليان،  المهارات اللغوية ماهيتها وطرائق تدريسها (الرياض: دار المسلم، 1992م)
حسين حمدي الطوجى، وسائل الاتصال والتكنولوجيا في التعليم (الكويت: دار القلم، 1987م)
رشدي أحمد طعيمة، تعليم العربية لغير الناطقين بها، (الرياط: مطبعة المعارف، 1989م)
صلاح عبد المجيد العربي. تعلم اللغات الحية وتعليمها، (ابنان: مكتبة لبنان، 1981م) 

Dirjen Dikdasmen. 2007. “Pedoman Program Pengalaman Lapangan (PPL): Kurikulum Dikdasmen 2006.” Inderalaya: UPPSB.
Moedjion, Moh. Dimyati. (1991/1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan; Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Raka Joni, T. (1984). Strategi Belajar-Mengajar. Suatu Tinjauan Pengantar. Jakarta: Depdikbud.
Roestiyah, N.K. (1985). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sudjana, N. (1982). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar